436view

BAWANG DAYAK


  • 1. Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak dan Cara Mengolah Umbi Bawang Dayak

    Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak dan Cara Mengolah Umbi Bawang Dayak

    Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak dan Cara Mengolah Umbi Bawang Dayak

    Bagian tanaman bawang dayak yang dikonsumsi dan berkhasiat sebagai obat herbal adalah seluruh bagian tanaman yaitu umbi, akar dan daunnya. Bawang dayak dapat dikonsumsi segar, diseduh seperti teh, atau diolah terlebih dahulu menjadi bubuk dan kapsul atau dibuat manisan. Hasil pengolahan tanaman obat herbal khas Kalimantan ini antara lain ; simplisia, bubuk, instan dan manisan.

    1. Cara Mengkonsumsi Bawang Dayak Untuk Pengobatan

    Bawang dayak dapat dikonsumsi dalam keadaan segar (tanpa pengolahan) untuk pengobatan. Caranya ; 3-4 buah bawang dayak dicuci hingga bersih, kemudian di iris tipis dan diseduh dengan 1 gelas air mendidih (200 ml). Diminum selagi hangat 2 – 3 kali sehari.

     

     

    1. Cara Membuat Simplisia Bawang Dayak

    Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi dan daunnya dicuci hingga bersih. Kemudian dipotong / diiris tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 C selama kurang lebih 8 jam. Atau dijemur dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. Setelah kering simplisia bawang dayak dikemas rapi dan disimpan. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan cara diseduh menggunakan air mendidih kemudian diminum.

    1. Cara Membuat Bubuk Bawang Dayak

    Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi dan daunnya dicuci hingga bersih. Kemudian dipotong / diiris tipis dan dikeringkan menggunakan oven pada suhu 50 C selama kurang lebih 8 jam. Atau dijemur dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. Kemudian didinginkan dan dihaluskan (ditumbuk) atau diblender. Sebelum dikemas bubuk bawang dayak diayak terlebih dahulu. Cara mengkonsumsinya yaitu dengan cara diseduh menggunakan air mendidih kemudian diminum.

    1. Cara Membuat Kapsul Bawang Dayak

    Sebenarnya ini adalah cara untuk mengawetkan bubuk bawang dayak dan supaya lebih praktis. Langkah awal membuat kapsul bawang dayak adalah sama dengan cara membuat bubuk bawang dayak. Kemudian bubuk bawang dayak disimpan atau dimasukkan dalam kapsul. Bentuk kapsul lebih praktis dalam mengkonsumsinya dan lebih aman dalam penyimpanan, yaitu seperti mengkonsumsi obat pada umumnya.

    1. Cara Membuat Bawang Dayak Instan

    Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi dan daunnya dicuci hingga bersih. Kemudian dipotong / diiris tipis. Kemudian tambahkan air bersih dengan perbandingan 1 : 2 (1 kilogram bawang dayak dicampur dengan 2 liter air). Bawang dayak kemudian diblender dan disaring. Selanjutnya direbus hingga mendidih sambil diaduk-aduk dan tambahkan 1 kg gula pasir (1 kg gula pasir untuk 1 kg bawang dayak). Selama proses perebusan diaduk terus hingga membentuk kristal. Setelah dingin kristal bawang dayak dikemas dan disimpan atau langsung dikonsumsi (diseduh menggunakan air mendidih).

     

    1. Cara Membuat Manisan Bawang Dayak

    Seluruh bagian tanaman bawang dayak yaitu akar umbi dan daunnya dicuci hingga bersih. Kemudian dipotong / diiris tipis dengan ketebalan antara 1-2 mm. Siapkan 1 kg gula dan dilarutkan dengan 1 liter air. Kemudian dikukus selama kurang lebih 5 menit, masukkan larutan gula tersebut sambil diaduk, masak hingga kental sampai kering (sampai terbentuk kristal gula). Manisan bawang dayak siap untuk dikonsumsi. (Sumber: Artikel.co)


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook