610view

DAUN BINAHONG

Mengenal Daun Binahong dan Kandungannya


  • 1. Mengenal Daun Binahong dan Kandungannya

    Mengenal Daun Binahong dan Kandungannya

    DAUN BINAHONG

    Binahong (bahasa Latin: Bassela rubra linn, bahasa Inggris: Heartleaf maderavine madevine, Hanzi: Deng san chi) adalah tanaman obat yang tumbuh di dataran rendah maupun dataran tinggi dan mempunyai banyak khasiat dalam meyembuhkan berbagai macam penyakit ringan maupun berat[1]. Tanaman ini sudah lama ada di Indonesia tetapi baru akhir-akhir ini saja menjadi alternatif bagi sebagian orang untuk dijadikan obat alami untuk menyembuhkan atau mengurangi beberapa penyakit ringan maupun berat.

    Tanaman yang konon berasal dari Korea ini dikomsumsi oleh orang-orang Vietnam pada saat perang melawan Amerika Serikat pada tahun 1950 sampai 1970-an.[2] Tanaman ini dikenal juga di kalangan masyarakat Cina dengan nama Dheng San Chi dan telah ribuan tahun dikonsumsi oleh bangsa Tiongkok, Korea, Taiwan, dll. Bagian daun dari tanaman inilah yang biasanya dijadikan sebagai obat alami selain dari batang dan umbinya.

    Tumbuhan binahong yang bernama latin Anredera cordifolia merupakan tanaman tropis yang tumbuh merambat. Daunnya berbentuk hati berupa sukulen berwarna hijau dan merah tergantung jenisnya, serta memiliki bunga yang berbau harum.

    Keunikan-keunikan itulah yang membuat binahong pada mulanya lebih dikenal sebagai tanaman hias. Namun, penelitian-penelitian yang dilakukan kemudian menemukan daun binahong mengandung zat-zat kimia yang diketahui sangat penting dalam dunia pengobatan.

    Beberapa kandungan penting tersebut adalah asam oleanolik, asam askorbat, flavonoid, protein, dan saponin. Adapun fungsi dan manfaat zat-zat tersebut di antaranya adalah :

    1. Antioksidan: berguna untuk menangkal radial bebas yang berbahaya bagi tubuh dan bersifat karsinogen,
    2. Alkaloid: memiliki sifat hipoglikemik atau menurunkan kadar gula darah sehingga daun binahong juga banyak digunakan untuk penderita diabetes, dan
    3. Saponin: mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga menjaga kesehatan jantung.

     

    Daun binahong juga mengandung zat-zat yang bersifat antinyeri (analgesik), antivirus, antioksidan, dan antiinflamasi. Senyawa-senyawa tersebut membuat pemanfaatan daun binahong dalam bidang pengobatan sangat luas dan dikenal sebagai daun sejuta manfaat.

     

    Sejumlah praktisi herbal melakuan pengujian terhadap khasiat daun binahong untuk kesehatan. Mereka menyimpulkan bahwa tanaman ini memiliki kemampuan menyembuhkan sehingga bisa digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai penyakit, di antaranya:

     

    1. Mempercepat Penyembuhan Luka

    Untuk mempercepat penyembuhan luka kecil maupun sehabis operasi, Anda bisa mengoleskan daun binahong mentah yang sudah dihaluskan pada area yang dimaksud. Antioksidannya akan membuat jaringan luka cepat menutup dan antiseptiknya akan mencegah infeksi.

     

     

    2. Mengobati Sakit Mag

    Mengonsumsi daun binahong akan menetralkan kembali asam lambung yang berlebihan. Antioksidannya juga berkhasiat membersihkan lambung dari radikal bebas sehingga terhindar dari penyakit.

    3. Mengobati Asam Urat

    Asam urat menyebabkan peradangan dan nyeri pada persendian. Untuk mengatasinya, minumlah rebusan daun binahong secara rutin. Kandungan daun binahong berguna untuk asam urat karena mampu menurunkan kadar purina dalam tubuh.

     

    4. Mencegah Penyakit Jantung

    Salah satu manfaat daun binahong yang paling penting adalah untuk mencegah penyakit jantung. Mengonsumsi daun binahong sangat baik untuk jantung karena mengandung saponin yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat penyebab serangan jantung.

    Cara mengolah daun binahong untuk mencegah sakit jantung adalah :

    1. Ambil beberapa helai daun binahong, lalu cuci hingga bersih;
    2. Seduh daun binahong dengan air panas seperti menyeduh teh;
    3. Tambahkan sedikit gula atau madu agar rasanya lebih enak; lalu
    4. Minumlah ramuan ini secara rutin sebanyak dua kali sehari.

     

    5. Mencegah Diabetes

    Diabetes memang tidak bisa disembuhkan, tetapi Anda dapat mengontrolnya. Perbaiki pola makan, hindari makanan manis, dan bantu dengan minum rebusan daun binahong setiap hari untuk menurunkan kadar gula darah.

     

    6. Menjaga Kesehatan Mata

    Minum jus daun binahong setiap pagi dan malam ternyata sangat baik untuk mata. Daun binahong mampu menutrisi mata sehingga bisa mengurangi gangguan penglihatan, seperti mata minus maupun rabun dekat.

     

    7. Mengatasi Anemia

    Kekurangan zat besi akan menyebabkan anemia. Daun binahong mengandung zat besi yang dibutuhkan oleh sel darah merah sehingga dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi anemia.

     

    Indonesia kaya akan tumbuhan yang memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Salah satunya adalah daun binahong karena mengandung senyawa antibakteri, antioksidan, kolagen, serta vitamin yang baik untuk wajah dan rambut. Berikut manfaatnya untuk Anda.

     

    8. Mencerahkan Wajah

    Daun binahong bisa digunakan untuk mencerahkan wajah karena kaya akan akan antioksidan. Untuk menggunakannya, haluskan beberapa helai daun binahong muda, lalu gunakan sebagai masker wajah setiap sehabis mandi. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas.

     

    9. Mengencangkan Kulit

    Khasiat daun binahong untuk kulit selanjutnya adalah menghilangkan keriput sehingga terlihat kencang. Buatlah masker dari 5–6 helai daun binahong yang dihaluskan. Gunakan secara rutin setiap malam sebelum tidur.

     

    10. Mengatasi Jerawat

    Manfaat daun binahong berikutnya yang tak kalah penting adalah untuk jerawat. Kandungan antibakterinya sangat efektif untuk membunuh bakteri penyebab jerawat sehingga kulit kembali bersih. Cara penggunaannya sama saja, yaitu dibuat menjadi masker.

     

    11. Merawat Rambut

    Tak hanya kulit, daun binahong juga memiliki banyak kegunaan untuk rambut. Kandungan daun binahong sangat baik untuk menutrisi rambut agar menjadi subur, tidak mudah rontok, lembap, dan sehat.

     

    Efek Samping Mengonsumsi Daun Binahong

    Meski terbukti bisa menyembuhkan segala macam penyakit, daun binahong juga memiliki efek samping yang tak boleh diabaikan, sebagaimana obat herbal lainnya. Berikut ini adalah beberapa efek samping yang perlu Anda waspadai :

    1. Daun binahong tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan kopi, teh, dan kacang kola. Pantangan minum ini disebabkan daun binahong mengandung efedrin yang dapat menyebabkan pusing, insomnia, gelisah, mual dan muntah, dan jantung berdebar.
    2. Ibu hamil dan menyusui juga tidak disarankan mengonsumsi daun ini karena tidak aman untuk keduanya.
    3. Jika Anda memiliki masalah angina, hindari mengonsumsi daun binahong karena akan memperburuk kondisi.

     

    Daun binahong sangat mudah didapat karena tanaman ini tidak sukar tumbuh di mana saja. Anda bisa mendapatkan manfaat daun binahong setiap saat. Namun, mengingat efek sampingnya, ada baiknya berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter sebelum menggunakannya.


Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook