YURNELI KETUA KELOMPOK DASAWISMA BERPRESTASI DARI BUKIK KANDUANG
PRESTASI YURNELI KETUA KELOMPOK DASAWISMA BERPRESTASI DARI BUKIK KANDUANG KECAMATAN X KOTO DIATAS

By Tim Penggerak PKK Kab Solok 01 Jul 2019, 08:04:56 WIB Kegiatan
YURNELI KETUA KELOMPOK DASAWISMA BERPRESTASI DARI BUKIK KANDUANG

PRESTASI YURNELI KETUA KELOMPOK DASAWISMA BERPRESTASI DARI BUKIK KANDUANG KECAMATAN X KOTO DIATAS

 

Nagari Bukik Kanduang Kecamatan X Koto Diatas memang tidak seberuntung Nagari lainnya di Kabupaten Solok. Curah hujan rendah, pertanian padi sawah mengandalkan curah hujan karena memang tidak tersedia irigasi dan embung-embung yang dibuat tidak mempunyai air yang cukup untuk mengairi sawah. Kehidupan masyarakat disini adalah tanaman keras dan ternak besar.

Inilah prestasi YURNELI Ketua Kelompok Dasawisma Melati II Nagari Bukik Kanduang Kecamatan X Koto Diatas. Dia berhasil menggerakkan masyarakat melaksanakan

gerakan PKK di kelompoknya. Anggota Kelompok Dasawisma melati II telah memanfaatkan pekarangan dengan menanam toga dan sayuran di samping tanaman keras yang telah ada. Di samping ternak besar seperti kerbau sapi dan kambing masyarakat sudah mulai beternak ayam.

Cara yang ditempuh Yurneli untuk menarik minat masyarakat pada Kelompok Dasawisma Melati II adalah dengan mengajak anggotanya melakukan arisan induak ayam. Di samping itu Kelompok Dasawisma Melati II juga mengadakan tabungan dari hasil menjual tanaman keras untuk biaya pendidikan anak-anak mereka. Caranya adalah setiap masyarakat menjual hasil tanamannya disisihkan sebagian untuk tabungan pendidikan anak-anaknya. Dan boleh diambil sehubungan dengan kebutuhan untuk biaya pendidikan anak-anaknya.

Dengan prestasinya itu dia berhasil meraih peringkat Terbaik Satu Ketua Kelompok Dasawisma Tingkat Kabupaten Solok dan mewakili Kabupaten Solok untuk Lomba Ketua Kelompok Dasawisma Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Dari rangkaian penilaian yang dilakukan oleh TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Yurneli berhasil memperoleh peringkat Harapan I untuk Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Walaupun hanya harapan satu, semangat YURNELI perlu dicontoh oleh kader-kader PKK Lainnya.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment